Dalam kesempatan kali ini, akan di kupas tuntas bagaimana cara Melukis Garis Singgung dengan menggunakan bantuan perangkat lunak CABRI II. Materi yang akan di bahas antara lain:
1. Garis Singgung Melalui Satu Titik pada Lingkaran.
Buat Lingkaran dengan titik pusat O dan jari-jari OP:
klik circle -> buat lingkaran yang diinginkan
klik label -> O, pada pusat lingkaran
klik segment -> buat garis dari titik O hingga memotong lingkaranklik label -> Q (beri nama pada perpanjangan garis tersebut dengan Q)
klik intersection points -> klik segment OQ dan circle
klik label -> p (beri nama antara OQ dan circle dengan P)
Membuat lingkaran dengan pusat P :
klik intersection points -> klik segment OQ dan circle yang berpusat di P
klik label -> A dan B pada titik potong garis OQ
untuk membuat agar lingkaran P tidak terlihat:
klik hide/show -> klik lingkaran P
klik circle -> buat lingkaran yang berpusat di B (r=AB) dan lingkaran yang berpusat di A (r=AB)
klik intersection points -> klik lingkaran B dan lingkaran A
klik label -> beri nama R dan S pada kedua titik potong tersebut
klik hide/show -> klik lingkaran A dan B
klik segment -> dari titik R ke S
Maka garis RS merupakan garis singgung melalui satu titik pada lingkaran
2. Garis Singgung Melalui Titik di Luar Lingkaran
klik circle -> buat lingkaran -> klik label -> beri nama O pada pusat lingkaran
klik point -> buat titik -> klik label -> beri nama P pada titik tersebut
klik segment -> hubungkan titik O dan P
klik midpoint -> klik garis OP
klik label ->Q pada titik tengah garis OP
klik circle -> buat lingkaran yang berpusat di Q dengan jari-jari OQ
klik intersection points -> klik lingkaran O dan Q
klik label -> R dan S pada kedua titik potong itu
klik hide/show -> klik lingkaran yang berpusat di Q
klik segment -> klik R dan P, klik S dan P
maka garis RP dan SP merupakan Garis singgung melalui titik di luar lingkaran
3. Melukis Garis Singgung Persekutuan Luar.
klik circle -> buat 2 lingkaran -> klik label -> lingkaran 1 dengan pusat O dan lingkaran 2 dengan pusat P
klik segment -> hubungkan titik O dan P -> garis OP
klik midpoint ->> klik segment OP -> klik label -> Q
klik circle -> titik pusat di Q
klik distance or length -> klik titik pusat O dan lingkaran
klik distance or length -> klik titik pusat P dan lingkaran
klik calculate -> (r1 = a) - klik (r2=b) -> result-> hasil perhitungannya di drag ke lembar kerja
klik circle -> buat lingkaran yang berpusat di O -> untuk mengetahui langsung jari-jari lingkaran tersebut -> klik distance or length -> hingga jari-jari = selisih lingkaran O dan P.
klik intersection points -> klik lingkaran berpusat O ; r=0,96 dan lingkaran Q.
klik label -> beri nama R dan S pada perpotongan kedua lingkaran itu.
klik hide/show -> klik lingkaran Q dan lingkaran O
klik segment -> OS dan OR -> intersection points lingkaran O dan kedua garis OS dan OR
klik label -> beri nama T dan U pada kedua perpotongan garis OS dan Or dengan lingkaran
buat lingkaran dengan pusat S dan berjari-jari SP -> intersection points -> lingkaran S dan lingkaran P -> label -> beri nama V dan W pada perpotongan kedua lingkaran itu.
hide/show lingkaran S
buat lingkaran dengan pusat R dan berjari-jari RP -> intersection points -> klik lingkaran R dan P -> label -> beri nama X dan Y pada perpotongan kedua lingkaran itu -> hide/show lingkaran R.
segment -> TX -> OP -> UY -> XP -> YP.
hapus titik-titik yang tidak perlu (titik W)
Maka terbentuklah garis singgung persekutuan luar dua lingkaran yang berpusat di (O,P)
4. Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam
klik circle -> buat 2 lingkaran dengan jari-jari berbeda -> klik label -> pusat O dan P
klik midpoint -> buat titik tengah garis OP -> klik label -> Q.
klik circle -> buat lingkaran dengan pusat Q berjari-jari PQ
untuk mengetahui panjang jari-jari lingkaran O dan P klik distance or length -> klik lingkaran O dan pusatnya O maka akan muncul (r1) -> klik lingkaran P dan pusatnya P maka akan muncul nilai jari-jarinya
tambahkan jari-jari lingkaran O dan P dengan klik calculate -> klik jari-jari kedua lingkaran tersebut -> drag result ke lembar kerja
klik circle -> buat lingkaran dengan pusat O dan panjang jari-jari = hasil penjumlahan jari-jari lingkaran O dan P(O r2) -> klik distance or length -> klik lingkaran O r2 sehingga muncul nilai jari-jarinya -> untuk mengubah lingkaran itu agar jari-jarinya sama dengan hasil penjumlahan kedua lingkaran O r1 dan P klik pointer -> drag lingkaran itu agar jari-jarinya sesuai
buat titik potong lingkaran O r2 dan lingkaran Q -> klik intersection points -> klik lingkaran O r2 dan lingkaran Q -> klik label -> beri label R dan S.
klik segment -> klik O dan = garis OR -> klik O dan S -> garis OS.
klik intersection points -> O r1 dan OR -> O r1 dan OS -> klik label -> beri label T dan U.
klik hide/show -> klik lingkaran Q dan lingkaran O r2.
klik circle -> buat lingkaran pusat T jari-jari RP dan pusat U jari-jari SP
klik intersection points -> lingkaran U dan P dan lingkaran T dan P
klik label -> beri label V dan W pada perpotongan kedua lingkaran itu.
klik segment -> buat garis TV, UW, PV dan PW.
klik segment -> buat garis OT dan OU.
klik hide/show -> klik lingkaran U, lingkaran T, garis OR dan OS , Number Distance or Length, titik perpotongan kedua lingkaran yang lain.
Maka Garis Singgung persekutuan Dalam adalah garis TV dan UW.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar