Selasa, 15 Januari 2013

CABRI II


Dalam kesempatan kali ini, akan di kupas tuntas bagaimana cara Melukis Garis Singgung dengan menggunakan bantuan perangkat lunak CABRI II. Materi yang akan di bahas antara lain:


1. Garis Singgung Melalui Satu Titik pada Lingkaran.

Buat Lingkaran dengan titik pusat O dan jari-jari OP:
klik circle -> buat lingkaran yang diinginkan


klik label -> O, pada pusat lingkaran






klik segment -> buat garis dari titik O hingga memotong lingkaranklik label -> Q (beri nama pada perpanjangan garis tersebut dengan Q)
klik intersection points -> klik segment OQ dan circle
klik label -> p (beri nama antara OQ dan circle dengan P)



Membuat lingkaran dengan pusat P :
klik intersection points -> klik segment OQ dan circle yang berpusat di P
klik label -> A dan B pada titik potong garis OQ






untuk membuat agar lingkaran P tidak terlihat:
klik hide/show -> klik lingkaran P






klik circle -> buat lingkaran yang berpusat di B (r=AB) dan lingkaran yang berpusat di A (r=AB)
klik intersection points -> klik lingkaran B dan lingkaran A 
klik label -> beri nama R dan S pada kedua titik potong tersebut




klik hide/show -> klik lingkaran A dan B
klik segment -> dari titik R ke S
Maka garis RS merupakan garis singgung melalui satu titik pada lingkaran





2. Garis Singgung Melalui Titik di Luar Lingkaran

klik circle -> buat lingkaran -> klik label -> beri nama O pada pusat lingkaran

klik point -> buat titik -> klik label -> beri nama P pada titik tersebut




klik segment -> hubungkan titik O dan P
klik midpoint -> klik garis OP
klik label ->Q pada titik tengah garis OP
klik circle -> buat lingkaran yang berpusat di Q dengan jari-jari OQ

klik intersection points -> klik lingkaran O dan Q
klik label -> R dan S pada kedua titik potong itu




klik hide/show -> klik lingkaran yang berpusat di Q







klik segment -> klik R dan P, klik S dan P
maka garis RP dan SP merupakan Garis singgung melalui titik di luar lingkaran










3. Melukis Garis Singgung Persekutuan Luar.


klik circle -> buat 2 lingkaran -> klik label -> lingkaran 1 dengan pusat O dan lingkaran 2 dengan pusat P









klik segment -> hubungkan titik O dan P -> garis OP
klik midpoint ->> klik segment OP -> klik label -> Q
klik circle -> titik pusat di Q




klik distance or length -> klik titik pusat O dan lingkaran 

klik distance or length -> klik titik pusat P dan lingkaran 

klik calculate -> (r1 = a) - klik (r2=b) -> result-> hasil perhitungannya di drag ke lembar kerja


klik circle -> buat lingkaran yang berpusat di O -> untuk mengetahui langsung jari-jari lingkaran tersebut  -> klik distance or length -> hingga jari-jari = selisih lingkaran O dan P.
klik intersection points -> klik lingkaran berpusat O ; r=0,96 dan lingkaran Q.
klik label -> beri nama R dan S pada perpotongan kedua lingkaran itu.



klik hide/show -> klik lingkaran Q dan lingkaran O









klik segment -> OS dan OR -> intersection points  lingkaran O dan kedua garis OS dan OR
klik label -> beri nama T dan U pada kedua perpotongan garis OS dan Or dengan lingkaran






buat lingkaran dengan pusat S dan berjari-jari SP -> intersection points -> lingkaran S dan lingkaran P -> label -> beri nama V dan W pada perpotongan kedua lingkaran itu.
hide/show lingkaran S







buat lingkaran dengan pusat R dan berjari-jari RP -> intersection points -> klik lingkaran R dan P -> label -> beri nama X dan Y pada perpotongan kedua lingkaran itu -> hide/show lingkaran R.
segment -> TX -> OP -> UY -> XP -> YP.
hapus titik-titik yang tidak perlu (titik W)
Maka terbentuklah garis singgung persekutuan luar dua lingkaran yang berpusat  di (O,P)




4. Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam


klik circle -> buat 2 lingkaran dengan jari-jari berbeda -> klik label -> pusat O dan P
klik midpoint -> buat titik tengah garis OP -> klik label -> Q.
klik circle -> buat lingkaran dengan pusat Q berjari-jari PQ 
untuk mengetahui panjang jari-jari lingkaran O dan P klik distance or length -> klik lingkaran O dan pusatnya O maka akan muncul (r1) -> klik lingkaran P dan pusatnya P maka akan muncul nilai jari-jarinya


tambahkan jari-jari lingkaran O dan P dengan klik calculate -> klik jari-jari kedua lingkaran tersebut -> drag result ke lembar kerja 
klik circle -> buat lingkaran dengan pusat O dan panjang jari-jari = hasil penjumlahan jari-jari lingkaran O dan P(O r2) -> klik distance or length -> klik lingkaran O r2 sehingga muncul nilai jari-jarinya -> untuk mengubah lingkaran itu agar jari-jarinya sama dengan hasil penjumlahan kedua lingkaran O r1 dan P klik pointer -> drag lingkaran itu agar jari-jarinya sesuai


buat titik potong lingkaran O r2 dan lingkaran Q -> klik intersection points -> klik lingkaran O r2 dan lingkaran Q -> klik label -> beri label R dan S.


klik segment -> klik O dan = garis OR -> klik O dan S -> garis OS.
klik intersection points -> O r1 dan OR -> O r1 dan OS -> klik label -> beri label T dan U.
klik hide/show -> klik lingkaran Q dan lingkaran O r2.


 klik circle -> buat lingkaran pusat T jari-jari RP dan pusat U jari-jari SP
klik intersection points -> lingkaran U dan P dan lingkaran T dan P
klik label -> beri label V dan W pada perpotongan kedua lingkaran itu.
klik segment -> buat garis TV, UW, PV dan PW.





klik segment -> buat garis OT dan OU.
klik hide/show -> klik lingkaran U, lingkaran T, garis OR dan OS , Number Distance or Length, titik perpotongan kedua lingkaran yang lain.
Maka Garis Singgung persekutuan Dalam adalah garis TV dan UW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar