1. Melukis segitga apabila diketahui panjang ketiga sisi nya.
Langkah-langkah :
- Buatlah Lingkaran dengan jari-jari 4 cm. Klik Segmen with center and radius, lalu masukan panjang jari-jari 4, klik ok.
- Buat garis dari titik A dengan panjang 5cm. Klik Segment with given length from point, lalu masukan panjang garis 5, klik Ok.
- Ganti titik B dengan C. Klik kanan pada titik B, kemudian pilh rename.
- Buat Lingkaran yang berpusat dititik C dengan jari-jari 3cm. Cara sama seperti langkah no 1.
- Buat titik potong antara Lingkaran A dan Lingkaran C. Klik Interjection two objeck, Klik Lingkaran A dan Klik juga Lingkaran C. Menghasilkan titik B dan D.
- Hubungkan titik A, B, dan C sehingga membentuk Segitiga. Klik Poligon, klik titik A tarik ke B, ke C, dan A.
- Itulah Segitiga istimewa atau siku-siku yang di dapat.
- Jika ingin mengetahui besar sudut mana yang siku-siku. Klik Angle, lalu klik titik A, B, dan C. dan hasilnya sudu siku-siku berada di titik B.
2. Melukis segitiga jika diketahui panjang kedua sisi dan satu sudut
Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
- Buat garis dengan panjang (3,2) di sembarang tempat. Klik Segmen with given length from point, masukan panjang nya 3,2 (koma menggunakan titik).
- Buat sudut P dengan besar sudut 75derajat. Klik Angle with given size, masukan besar sudut yang di ingikan 75. Hasilnya muncul B’.
- Buat lingkaran berpusat dititk A dengan jari-jari 3,5cm. Klik Segment with center and radius, masukan panjang jari-jari 3,5 (koma menggunakn titik).
- Buat garis yang menghubungkan titik A dengan B’. Klik Ray throught two points, klik A dan B’ secara bergantian.
- Cari titik potong antara lingkaran dengan garis PQ tersebut. Klik interjection, lalu klik lingkaran, setelah itu klik garis PQ. Dapat titik yang memotong antara ligkaran dan garis tersebut, berinama titik C (klik kanan pada titik, pilih rename masukan C).
- Hubungkan titik A, B, dan C, sehingga membentuk segitiga. Klik Poligon, lalu klik A tarik ke B, C, dan kembali k A.
3. Melukis segitiga jika diketahui satu sisi dan dua sudut.
Langkah-langkah :
- Buat segment garis dengan menggunakan Tool Segment with Given Length from Point, dengan panjang garis 4 cm.
- Ubah titik A dan B, menjadi K dan L, dengan Klik kanan pada titi A dan B kemudian pilih rename.
- Buatlah sudut LKM, klik Angle with given size kemudian klik titik L ke K, maka akan muncul jendela, ketik sudut 70° dan klik OK.
- Buat juga sudut KLM, klik titik K ke L, maka akan mucul jendela Angle with Given Size.Ketik sudut 50° dan klik OK. Karena sudut yang kita inginkan searah jarum jam jadi pilihclockwise. Outputnya K’ dan sudut yang diinginkan.
- Hubungkan titik K ke L', dan L ke K', dengan Klik tool Ray Through Two points.kemudian klik K ke L', dan L ke K'.
- Kemudian dengan tool Intersect Two Object. Klik kedua garisnya, maka akan mucul titik . Beri nama titik M.
- Buat segtiganya, dengan tool Polygon. Klik ber urutan dari titik K, L, dan M kembali lagi ke K, maka akn terbentuk segitiga.
- Garis yang tidak diperlukan dapat dihilangkan dengan mengKlik pada objek, kemudian pilihshow object.
4. Melukis Garis Bagi pada Segitiga
Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
- Buatlah sebuah segitiga sembarang ABC
- Klik circle with centre trough Point. Untuk membuat busur pada titik sudut A dengan menggunakan lingkaran sehingga memotong di garis AB dan AC di titik E dan F.
- Buatlah dari lingkaran titik F dan berjari-jari di titik A, dan dari titik E berjari-jari di titik A, dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
- Klik Intersect Two Objects pada lingkaran F dan lingkaran E, hasilnya mendapatkan titik G.
- Buatlah garis lurus dari titik G ke titik A, dengan cara Klik Line throudh Two Points, Klik titik G dan A. Dapat titik i.
- Hitung besar sudut titik A menggunakan Angel dengan mengklik titik BAC atau garis AB dan AC maka terlihat besar sudutnya.
- Hitung kembali besar sudut setengah A dengan mengklik garis AB dan AG/AI
- Dengan cara yang sama hitung juga besar sudut sisanya. Sehingga terlihat besar BAI = sudut CAI Dengan demikian maka terbentuklah garis bagi sudut A pada lingkaran ABC ialah garis AI
5. Melukis Garis Berat pada Segitiga
Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
- Buatlah segitiga sembarang ABC
- Buat lingkaran dari titik B dan titik C dengan jari-jari yang sama hingga kedua lingkaran berpotongan. Dengan cara Klik Circle with center and radius, kemudian klik B misalnya dengan jari-jari 3 cm, dan klik titik C dengan jari-jari yang sama.
- Klik Intersect Two Object, kemudian klik lingkaran B dan C, untuk mencari titik potong antara lingkaran B dan C ialah titik D dan E.
- Buat garis dari titk D ke titik E, dengan cara Klik Segment Between two Points.
- Klik intersect two object, kemudian Klik garis DE dan BC. Untuk menghasilkan titik F.
- Hubungkan titik A dan F, dengan cara Klik Segment Between two Points. Itu lah garis beratnya.
6. Melukis Garis Sumbu pada Segitiga
Langkah-langkah :
- Buatlah segitiga sembarang ABC
- Buat lingkaran dari titik B dan titik C dengan jari-jari yang sama hingga kedua lingkaran berpotongan. Dengan cara Klik Circle with center and radius, kemudian klik B misalnya dengan jari-jari 3 cm, dan klik titik C dengan jari-jari yang sama.
- Klik Intersect Two Object, kemudian klik lingkaran B dan C, untuk mencari titik potong antara lingkaran B dan C ialah titik D dan E.
- Hitungah panjang HB dan CH dengan menggunakan distance or length
- Hitung sudut AHB dan AHC dengan angle jika itu 90o maka garis FH atau FG adalah garis sumbu dari segitiga tersebut.
7. Melukis Garis Tinggi pada Segitiga
Langkah-langkah :
1. Buat segitiga sembarang ABC
2. Buat lingkaran dari titik A hingga memotong BC dan beri nama titik tersebut titik E dan F
3. Buat lingkaran dari titik E dengan jari-jari di F
4. Buat lingkaran dari titik F dengan jari-jari di E
5. Hingga terdapat titik perpotongan antara kedua lingkaran dan beri nama G dan H.
6. Tarik garis dari titik A ke titik H sehingga terdapat perpotongan di titik I
7. Hitung sudut titik I untuk membuktikan apakah ia tegak lurus atau tidak. Jika ia tegak lurus maka AI adalah garis tinggi segitiga tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar